Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Orang Papua Harus Tahu, Buah Pepaya dapat Meredahkan Asam Lambung

 Ada berbagai macam manfaat buah pepaya terutama untuk kesehatan pencernaan pada manusia. Buah ini bukan buah yang langkah. Sangat mudah sekali ditemukan diberbagai derah di Papua terutama daerah pesisir. Buah ini dapat juga bertumbuh sendiri sehingga sangat mudah untuk didapatkan. 

Saking gampangnya untuk mendapatkan buah ini di Papua namun kebanyakan orang Papua belum tahu apa manfaat dari mengonsumsi buah Pepaya. Berikut adalah kandungan gizi yang terkandung dalam buah pepaya dan penting diketahui oleh masyarakat Papua. 

Salah satu manfaat dari buah Pepaya adalah menurunkan asam lambung. Jika Anda menderita penyakit asam lambung atau Maag, Anda dapat mengonsumsi buah ini lebih sering agar pencernaan Anda bagus terutama lambung.

Buah pepaya kaya akan kandungan air dan serat yang sangat baik untuk melancarkan saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Tak hanya itu, pepaya juga mengandung enzim papain dan chymopapain yang dapat mendukung kesehatan pencernaan, mengatasi perut kembung, dan mengurangi peradangan.

Enzim papain pada pepaya bahkan sering ditemukan dalam suplemen untuk pencernaan. Kandungan ini diduga efektif untuk meredakan gejala heartburn akibat asam lambung.

Saat asam lambung naik, penderitanya akan merasakan sensasi panas atau terbakar di perut. Nah, enzim papain pada buah pepaya ini dapat menetralkan asam lambung dan meredakan peradangan.

Enzim papain paling banyak ditemukan dalam buah pepaya mentah daripada matang. Oleh karena itu, agar bisa mendapatkan manfaat pepaya untuk asam lambung dengan maksimal, Anda bisa memasak buah pepaya mentah dan menambahkannya ke dalam berbagai masakan atau salad.

Selain untuk asam lambung, buah pepaya juga baik dikosumsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh berkat kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya yang melimpah.

Demikian manfaat dan kandungan dari buah Pepaya. Mulai sekarang jika Anda menemukan buah ini bertumbuh di pekarangan rumah, kebun atau di pinggir jalan, jangan Anda tebang atau anggap biasa. Haruslah konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang cukup agar kesehatan tetep prima. 

Sekian, Salam Sehat Papuans !